18 Mar 2014

#reshare #ordinary #remembrance #klise



 Sebagian dari Anda mungkin adalah seorang yang berkeinginan untuk menjadi penulis. Ya, berkeinginan dalam artian yang sangat luas. Bagi Anda yang masih pelajar, anda berkeinginan untuk menjadi penulis untuk menulis tugas Bahasa Indonesia Anda. Bagi Anda yang sekarang adalah mahasiswa, saya tahu sekali bahwa sekian persen dari tugas Anda adalah kemampuan menulis. bukan hanya cerita pendek, tetapi juga laporan observasi, laporan perjalanan, portofolio, dan sebagainya. Kini menulis sudah menjadi makanan sehari-hari.


Saya yakin, sebagian besar dari Anda pernah melontarkan pernyataan “saya tidak bakat menulis” atau “saya tidak punya kemampuan untuk menulis”, benar?. Sebenarnya menulis bukanlah suatu momok yang harus ditakuti. Semua orang bisa menulis, tanpa harus memiliki kemampuan atau tidak. Lagipula, kemampuan menulis bukanlah sebuah kemampuan yang akan langsung muncul ketika Anda lahir. Kemampuan menulis bisa berkembang ketika Anda banyak membaca dan menulis. Jika dari awal anda sudah menyatakan pernyataan Anda tidak mampu menulis, maka itulah Anda. Maka selamanya Anda juga tidak akan menulis-menulis.



Mulai dari sekarang, stop pernyataan bahwa Anda tidak mampu untuk menulis. Semua orang pasti memiliki kemampuannya masing-masing namun itu tidak dapat menghentikan Anda untuk tidak mau menulis. Anda ingin mengembangkan kemampuan menulis? Bacalah banyak buku. Dengan membaca banyak buku, anda akan mempunyai daya pikir yang luas sehingga Anda dapat mengembangkan pikiran anda seluas-luasnya. Dengan begitu, Anda tidak akan pernah kehabisan ide untuk menulis.


Satu lagi yang penting, jika Anda berkeinginan untuk menjadi penulis, milikilah kemauan untuk menulis. Dengan memiliki kemauan, Anda akan menghasilkan tulisan yang bahkan hanya muncul di dalam alam imajinasi Anda. Orang tidak akan tahu apa yang sedang Anda pikirkan jika Anda memendamnya sendiri dan tidak mengutarakannya. Kemauan akan mendorong diri Anda sendiri untuk mau berusaha lebih keras agar dapat menghasilkan tulisan.



Selamat menulis. Adik-adikku SMP dan SMA, bacalah, dan menulislah. Kawan-kawanku mahasiswa, angkat penamu!





Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Minta komentarnya dong, Kak! :)